Amalan Pembuka Rezeki

Kita bekerja setiap hari membanting tulang demi mencari rezeki untuk menghidupi anak isteri. Rezeki yang kita cari sehari-hari agar terasa mudah dan menjadi berkah ada beberapa amalan-amalan sebagai pembuka pintu rezeki

  1. Sodaqoh

Sodaqoh merupakan ibadah sosial, kita dilatih untuk peduli kepada sesama maka tak heran pahala sodoqoh begitu luar biasa. Alloh menjanjikan dalam Firman Nya akan dibalas dengan 700 kali lipat. sebagaimana yang tersurat dalam Al Qur’an surat Al Baqoroh

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Alloh adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Alloh melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Alloh Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui. Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Alloh, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Alloh Maha Kaya lagi Maha Penyantun.” (Al-Baqoroh : 261-263)

2. Sholat Duha

Rasulullah bersabda : “Barang siapa shalat duha 12 rokaat dengan penuh keimanan dan semata-mata karena Alloh maka menuliskan Alloh baginya sejuta kebaikan dan melebur Alloh darinya sejuta keburukan dan diangkat oleh Alloh baginya sejuta derajat dan dibangun baginya gedung di surga dan mengampuni Alloh baginya dosa-dosa seluruhnya”

3. Solawat

Barangsiapa bersolawat kepadaku setiap hari 100 kali niscaya mengabulkan Alloh baginya seratus keinginan, tujuh puluh diantaranya untuk kebutuhan akhirat dan tiga puluh untuk kebutuhan dunia. (H.R. Ibnu Nijar dari Jabir)

4. Surat AL Waqi’ah

Barang siapa membaca surat Al Waqi’ah setiap malam, niscaya ia tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya. (H.R. AL Baihaqi)

Dan berkata sebagian ulama jika dibaca 41 kali maka dipenuhi kebutuhannya khususnya dalam mencari rezeki.

5. Laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim

Laa haula wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adziim kalimat ini merupakan obat atau penawar bagi 99 macam penyakit, yang paling ringan adalah kesusahan. (H.R. Ibnu Abud Dunya)

Dalam hadits yang lain dikatakan

Barangsiapa membaca Laa haula wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adziim 100 kali setiap harinya niscaya akan terhindar dari kefakiran selamanya. (H.R. Ibnu Abud Dunya)

6. Istighfar

Barangsiapa memperbanyak beristighfar, niscaya Alloh akan memberikan jalan keluar bagi setiap kesulitannya, dan dari setiap kesempitan penyelesaiannya, serta Alloh memberinya rezeki dari arah yang tak terduga. (H.R. Ahmad)

Beruntung sekali bagi orang yang memperbanyak istighfar, dosanya diampuni, segala kesusahan akan berganti dengan kemudahan dan segala masalah akan diberikan solusi juga mendapat rezeki dari yang tak terduga.

Semoga dihari Jum’at yang berkah ini kita semua mendapatkan hidayah, rezeki yang berkah dan maghfiroh dari Alloh yang Maha Murah Amiin.

Sumber : Kitab Tanqihul qoul, Safiinatin naja, Mukhtaarul Ahaadits, Khoziinatul asror.

1 Comment

  1. Indungbageur

    Februari 22, 2018 at 4:29 pm

    Sepertinya mudah dilakukan… Ternyata prakteknya berat sekali…

Leave a Reply