Curug Citambur Wonderful of Cianjur

Curug Citambur Wonderful of Cianjur

Bersyukur bagi warga Cianjur dianugerahi bumi yang subur serta pesona alam yang luar biasa indah. Salahsatu pesona alam yang memukau adalah Curug Citambur, meskipun masih banyak pesona alam menarik lainnya yang ada di Cianjur.

Tak berlebihan rasanya kalau Citambur ini disebut sebagai salah satu destinasi wisata wonderfulnya Cianjur. Berada pada ketinggian 1.400 mdpl, Curug Citambur yang berlokasi di Kecamatan Pasirkuda tepatnya di Desa Karang Jaya. Dengan ketinggian kurang lebih 130 meter, Curug Citambur ini diklaim sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia versi on the spotnya trans7.

Panorama khas pegunungan dengan pemandangan yang hijau sekeliling mata memandang ditambah udara yang segar membuat betah berlama-lama, bahkan sebagian orang menjadikan lokasi ini untuk pengambilan foto sebagai pre-wedding.

Bagi yang suka petualangan dan memuaskan rasa penasaran bisa juga naik ke atas curug melalui jalan “tanjakan salawe” (salawe dalam bahasa Sunda artinya 25). Disebut tanjakan salawe karena jalan ini menanjak dan berbelok-belok sebanyak 25 belokan. sesampainya di atas kita bisa melihat pemandangan yang lebih luas .

Akses untuk menuju kesini sangatlah mudah, bagi yang dari Cianjur kota patokannya dari terminal Pasirhayam menuju ke Cianjur Selatan – Pasirkuda, waktu yang ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Kalau yang dari Bandung bisa melewati Ciwidey menuju Pasirkuda bahkan sekarang bisa lebih mudah dengan adanya elf jurusan Ciwidey – Pasirkuda.

Dengan lokasi yang tak jauh dari jalan, tepat di depan kantor Desa Karang Jaya lokasi ini berada.  Akses menuju Curug ini sangatlah mudah sehingga para pengunjung tak bersusah payah untuk dapat sampai di tempat ini, terlebih kendaraan bisa masuk sampai di lokasi.  Namun untuk kendaraan dikenakan biaya parkir, dan tak perlu khawatir karena biayanya masih terjangkau.

Dengan perhatian yang serius dari pemerintah, sesuai dengan misi bupati yang ingin memajukan Cianjur khususnya dibidang pariwisata,  tempat ini mengalami banyak perubahan. Pihak pengelola selalu berbenah diri dengan dibuatnya spot foto yang dibuat menarik agar pengunjung dapat berselfie dengan berbagai gaya untuk narsis di dunia maya.

Bukan hanya itu para pengunjung pun dimanjakan dengan taman-taman yang dihiasi aneka bunga yang berwarna-warni, tentu saja semakin menambah asri suasana yang sedap dipandang mata.

Selain itu berbagai fasilitas juga mulai dibenahi bukan hanya warung jajanan yang semakin ramai memenuhi tempat ini tetapi juga musholla dan MCK yang kini sudah tersedia.

Di pintu masuk menuju curug kita sudah disambut dengan indahnya telaga rawasoro. Airnya yang bening ditambah hijaunya pepohonan sejenak memanjakan mata.

Masih penasaran? Ayo buktikan! Selamat datang di Cianjur, khususnya di Citambur. Hayu Ameng ka Cianjur.

 

 

 

 

Leave a Reply