Pengalaman Dilayani PLN Cianjur

Pengalaman Dilayani PLN Cianjur 

Tiga bulan tidak pulang kondisi rumah di Cianjur sangat berantakan. Terlebih halaman di sekeliling rumah sudah ditumbuhi rumput liar hingga sepinggang. Musim hujan membuat rumput mudah tumbuh dan menjalar.

Kaget banget pas mau menyalakan lampu kok tidak menyala. Padahal pulsa token masih ada. Stop kontak dan KWH juga lampu indikatornya baik-baik saja. Lampu tetangga terlihat menyala. Jadi jelas tidak sedang dalam pemadaman. Kenapa juga listrik di rumab diketemukan mati?

Manggil Pak RT yang kebetulan bisa kutak katik listrik dan elektronik. Masih tidak nyala juga. Pak RT menyarankan kami lapor PLN saja. Kami diberi nomor kontaknya 0263. 266222.

Langsung kami telepon. Nada sibuk. Beberapa kali dicoba lagi tetap nada sibuk. Pas setelah magrib telepon tersambung. Kami dimintai alamat dan nomor id pelanggan atau nomor KWH. Sayang karena kami sedang di masjid dan tidak hafal nomornya jadi cuma “titip” nomor kontak saja.

Semalaman kami tidur bertemankan nyala lilin. Seru saja. Tebiasa.

Tadi pagi saya coba telepon lagi berhasil nyambung. Si penerima telepon masih ingat dan menindaklanjuti laporan saya kemarin. Katanya semalam juga pihak PLN menelepon untuk konfirmasi laporan pengaduan tapi tidak nyambung. Akhirnya kami beri dua nomor kontak saja.

Sekitar satu jam kemudian petugas lapangan PLN menghubungi. Sudah sampai depan rumah. Saya segera menjemput karena di jalan depan rumah banyak jemuran tetangga. Menghalangi jalan dan pemandangan…

Tiga orang petugas PLN yang datang berseragam biru. Lengkap dengan alat dan kelengkapan seragam.

Salah satu petugas langsung mengecek KWH. Sekitar sepuluh menit KWH sudah “dibersihkan” dan kami diminta mencoba menyalakan listrik. Yey! Ternyata menyala. Alhamdulillaj.

Oleh petugas PLN yang satunya lagi saya diminta foto bareng. Padahal istri juga sudah lebih dulu ambil dokumentasi mereka.

Setelah petugas yang satunya memasukan kode pelanggan dan setingan KWH akhirnya listrik kembali nyala. Alhamdulillah…

Selesai membereskan peralatan sesaat sebelum pulang saya tanya semua bayarnya berapa? Mereka jawab tidak. Karena itu sudah tugas mereka. Ya sudah. Saya berterimakasih saja.

Saya hanya memberikan sedikit rezeki kepada mereka. Anggap saja ucapan terimakasih seikhlasnya.

 

Leave a Reply